Kunjungan Wisata managed by Mustafa Noer.

Tuesday, August 14, 2018

PARIANGAN, WEST SUMATRA : THE MOST BEAUTIFUL VILLAGE IN THE WORLD

       Pariangan di Tanah Datar ... jangan sampai keliru dengan Pariaman yha. Pariangan merupakan nama desa di Kabupaten Tanah Datar, West Sumatra. Desa ini merupakan desa tertua di Sumatera Barat dan konon  asal muasal suku Minangkabau berasal dari desa ini dan merupakan cikal bakal sistem perintahan nagari di Sumatera Barat. .Nagari Pariangan yang terletak di lereng Gunung Marapi ini terdiri dari 4 jorong yakni  Jorong Guguak, Sikaladi, Pariangan dan Padang Panjang. Desa Pariangan ini mendadak terkenal beberapa tahun yang lalu setelah dinobatkan sebagai salah satu desa terindah di dunia oleh majalah Travel Budget dari New York disamping 4 desa yang lain di dunia. Desa Pariangan mampu bersanding dengan Desa  Wengen di Swis, Desa Eze di Perancis, Niagara on the Lake di Canada serta Desa Cesky Krumlov di Republik Ceko. 
       Di Paringan masih banyak dijumpai peninggalan peninggalan masa lampai yang masih terawat hingga kini, misalnya Masjid Ishlah yang sangat unik dengan atap berbentuk Dhongson yang khas dari dataran tinggi Tibet yang sudah berumur ratusan tahun,  Kuburan Panjang, Rumah Gadang Datuak Kayo, Prasasti Pariangan, Balairung Sari Tabek, pemandian air panas dan masih banyak lagi. Peninggalan peninggalan tersebut banyak terkumpul di Jorong Pariangan. Dari Jorong Pariangan ini kalau cuaca lagi cerah bisa nampak Puncak Gunung Marapi dan terlihat sangat dekat dan sangat indah kadang mengeluarkan asap karena memang gunung ini masih aktif. 
       Kalau kita mendaki naik ke arah Jorong Guguak akan dijumpai pemandangan yang sangat indah. Sawah yang luas menghijau,kadang menguning yang bersusun susun dan berundak undak. Disana akan kita jumpai sawah yang sangar unik yang berbentuk seperti kue donat sehingga dinamakan Sawah Donat. Kalau kita naik lagi ke lereng Gunung Marapi maka dari atas akan terlihat pemandangan yang sangat indah dengan Danau Singkarak nampak dari keringgian juga akan nampak Istana Pagaruyung. Kalau yang hoby tracking kita bisa juga tracking ke Air Terjun. Kalau kita mau duduk duduk saja sambil beristirahat dan menikmati view yang sangat indah juga bisa sambil minum kopi kawah daun yang masih hangat.
       Kadang kita bertanya tanya bagaimana bisa Nagari Pariangan bisa dinobatkan sebagai salah satu desa terindah di dunia itu kriterianya apa? Ternyata banyak kriteria yang harus dipenuhi antara lain masyarakat setempat mampu mempertahankan warisan budaya leluhur mereka dan kearifan lokal dipakai sebagai modal untuk memajukan desa yang penuh sejarah ini.
       Kini Pariangan menjadi  sudah menjadi salah satu maskot pariwisata di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat juga Indonesia. Ke Pariangan yuuuukkkk rame rame bareng kami ... mareeeee

Share:

0 comments:

Post a Comment

Alih Bahasa

Label