Kunjungan Wisata managed by Mustafa Noer.

Sunday, September 2, 2018

BATANG AIE DUO WATERFALL : THE HIDDEN PARADISE IN WEST SUMATRA

       Batang Aie Duo Waterfall ... Namanya kok agak agak aneh yha? Nggak aneh lah, khan itu bahasa Minang. Jadi batang aie atau batang air tuh sama dengan sungai. Emang disini ada dua aliran sungai yang kemudian menyatu sehingga air terjunnya dinamakan Batang Aie Duo. Paham khan? Naaaahhh, air terjun  ini memang sangat indah dan ada 4 tingkat. Tiga tingkat menyatu berurutan keatas. Tingkat satu kurang lebih 6 meter tinghinya, kemudian yang tingkat 2 lebih rendah cuman 2 meteran dan yang tingkat 3 kurang lebih  10 meter. Memang tidak terlalu tinggi  yha tapiiiii... Nuansa disana waaaooowww banget lah. Untuk menuju tingkat 4 yang paling tinggi air terjunnya kita mesti tracking lagi keatas kira kira 20 menit menembus hutan lebat maka sampailah di air terjun tingkat yang ke 4 dan paling tinggiii dan waooowww banget. Cuman kita mesti waspada dan hati hati nggak boleh takabur karena jalur dari tingkat 3 ke tingkat 4 disitu tempat harimau dahan bersarang dan istirahat.

       Air Terjun Batang
Aie Duo belokasi di Jorong Sikadunduang, Nagari Singgalang, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. Untuk mencapai air terjun ini dari Koto Baru deket Bukitinggi belok ke kiri kalau dengan mobil sampai tempat parkir memerlukan waktu 30 menit kurang lebih.  Dari tempat parkir kita mesti jalan kaki lagi atau tracking menuruni bukit melewati perkebunan sayur mayur ada wortel, kacang panjang, bawang, selederi dll dan udaranya sangat sejuuuukkk, kemudian menyusuri sungai yang berbatu batu dan agak agak licin. Sungai inilah yang dinamakan Batang Aie Duo dan kalau abis hujan debit airnya naik dan arusnya sangat deras jadi kita mesti hati hati dan membawa peralatan savety yang lengkap.

       Air terjun ini meskipun berlokasi di Nagari Singgalang tetapi sebenarnya berada di lereng Gunung Tandikek bukan di lereng Gunung Singgalang. Disini kita akan dimanjakan dengan air yang sangat jernih,sejuk dan cenderung dingin, udara yang sangat menyegarkan dan  hijaunya pegunungan karena vegetasi disini masih cukup rapat.

       Bagi para traveler terutama yang suka adventure lokasi ini dijamin akan membuat kita puas dan  tidak akan lupa bersyukur dengan yang diatas sana.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Alih Bahasa

Label