Kunjungan Wisata managed by Mustafa Noer.

Sunday, August 26, 2018

THE DARK HISTORY : JAPANESE HOLE IN BUKITTINGGI, WEST SUMATRA

       Bukittinggi Kota Wisata ... Yhaaaaahhh emang gak salah .. Bener 100%
Di Bukittinggi kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah, peninggalan peninggalan sejarah, kuliner yang memanjakan lidah, souvenir kerajinan tangan dll. Bukitinggi emang pernah menjadi Ibukota Negara Indonesia pada jaman pergolakan dahulu.

       Salah satu bukti sejarah yang ada di Bukittinggi yaitu Lubang Jepang atau Lobang Jepang yang berada di Panorama Ngarai Sianok. Lubang atau gua buatan nyang panjang berkelok kelok merupakan salah satu yang terpanjang di Asia ini dibangun tahun 1942 dan dipakai untuk pertahanan bala tentara Jepang di Asia.  Bunker yang sangat fenomenal ini dahulu dipakai sebagai lubang perlindungan, gudang amunisi dan peralatan perang,  penjara, gudang logistik dan tempat pengintaian.  Panjang terowongan Jepang ini mencapai 1400 meter berkelok kelok dan banyak dijumpai lubang lubang rahasia yang buntu. Lubang selebar 2 meter dengan tinggi lebih dari 2 meter ini berdinding tanah yang liat  dan berbentuk ceruk ceruk tidak rata. Konon struktur dinding yang tidak rata itu untuk mencegah agar suara tidak bergema.  Lubang  di dalamnya dilengkapi juga dengan dapur, ruang makan, ruang amunisi, ruang logistik, ruang pengintaian, ruang penjara dan ruang penyiksaan bagi pekerja yang malas bekerja. Tidak terbayangkan berapa pekerja yang dipekerjakan untuk menyelesaikan bangunan ini, ribuan bahkan mungkin puluhan ribu tidak tercatat oleh sejarah.  Yang jelas pekerja romusha yang bekerja tidak ada yang berasal dari Bukitinggi tetapi didatangkan dari Jawa dan Sulawesi. Sedangkan romusha dari Bukitinggi dikirim untuk membangun bunker di Biak Papua dan Bandung. Hal tersebut untuk menjaga rahasia adanya bunker disana. Semua pekerja romusha hampir bisa dipastikan dibunuh setelah bekerja supaya rahasia bunker tidak terbongkar.

       Lalu dimana makam mereka minimal kerangka2 mereka????
       Lalu dimana tanah tanah yang mungkin ribuan bahkan jutaan meter kubik dibuang???
       Belum terpecahkan sampai saat ini kayaknya

       Udara di dalam lubang ini sangat sejuk karena ada lubang kearah Ngarai Sianok yang mengalirkan udara sejuk ke dalam lubang. Nggak terasa pengap sama sekali malah cenderung dngin dingin sejuk.

Yuk ke Bukitinggi yuk bareng kami .... mareeee

   
Share:

0 comments:

Post a Comment

Alih Bahasa

Label