Kunjungan Wisata managed by Mustafa Noer.

Monday, August 13, 2018

BUKITINGGI CLOCK TOWER, WEST SUMATRA

       Menara jam yang berdiri gagah, tegak, tegap dan berkesan sportif ini berdiri di titik nol kota Bukitinggi.  Di taman yang luas yang terletak diantara Pasar Atas Bukitinggi dan Gedung Tri Arga Istana Bung Hatta, menara ini solah olah memanggil para wisatawan untuk datang datang datang dan datang lagi ke kota Bukitinggi. Menara jam ini lebih populer sebagai Jam Gadang yang bahasa Indonesianya yha jam besar lah. Menara  dengan tinggi 26 meter ini mempunyai jam disetiap sisinya dengan lebar 80 cm. Cukup besar untuk ukuran saat itu. Jam yang terpasang didatangkan langsung dari Rotterdam, Belanda. Jam yang sejenis hanya ada dua di dunia, yang satu lagi berada di London Inggris sana yang terkenal sebagai Big Bend yang keduanya  diproduksi tahun 1892. Uniknya, pada keempat jam yang terpasang di menara ini, angka empat romawi tertulis dengan IIII bukan IV.
       Menara jam gadang konon dibangun tanpa besi penyangga dan semen tetapi hanya menggunakan kapur, pasir putih dan putih telur. Menara ini dibangun sebagai hadiah Ratu Belanda kepada Rook Maker yang sekretaris Fort de Kock pada waktu itu. Fort de Kock merupakan nama lama dari kota Bukitinggi pada jaman penjajahan Belanda. Sebagai arsitek pembangunan Jam Gadang ini yakni Yazid Abidin Rajo Mangkuto. Peresmian jam gadang ini oleh anak Rook Maker yang kala itu masih berusia 6 tahun pada tahun 1926.
       Atap jam gadang ini
sudah tiga kali mengalami penggantian bentuk. Pada waktu pertama kali dibangun atap jam gadang ada patung ayam jantan yang menghadap ke timur diatasnya. Kemudian pada jaman Jepang bentuk atap jam gadang diganti berbentuk pagoda. Pada saat Indonesia merdeka atap jam gadang berbentuk gonjong rumah adat Minangkabau.
       Ke Bukitinggi yuk rame2 ntar sambil belanja bordir, songket, suvenir dan oleh oleh khas Minangkabau di Pasar Atas, makan nasi kapau, ayam pop atau bebek lado ijo. Yang jelas makanan di Bukitinggi enak enak karena udaranya sejuuuukkk dan bawaannya mau makan melulu ... mareeee
Share:

0 comments:

Post a Comment

Alih Bahasa

Label