Kunjungan Wisata managed by Mustafa Noer.

Sunday, August 12, 2018

SILINDUANG BULAN PALACE - BATUSANGKAR - WEST SUMATRA

       Istana kebanggan masyarakat Minangkabau yang berada di Kecamatan Tanjung Emas, Pagaruyung, Batusangkar yang pertama dibangun pada tahun 1550 ini dahulu lebih dikenal sebagai Istana Silinduang Bulan. Nama itu dipakai setelah istana dipindahkan dari Ulak Tanjung Bungo ke Balai Janggo. Namun istana ini dibangun kembali karena  kayu kayunya sudah melapuk dan mulai runtuh pada tahun 1750. 
       Karena istana ini terbuat dari kayu dan cukup luas maka sangat rentan terbakar. Beberapa kali istana ini mengalami kebakaran dan hangus jadi arang dan abu. Pertama kali mengalami kebakaran pada tahun 1821 pada Perang Paderi antara kaum adat dan Kaum Paderi. Setelah itu beberapa kali istana ini terbakar dibangun lagi, terbakar lagi, dibangun lagi dan terakhir terbakar abis pada tahun 2012 yang lalu. Sekarang istana ini tiang tiangnya tidak lagi terrbuat dari kayu utuh seperti pertama  kali dibangun tetapi dibangun dari besi cor semen yang dilapisi kayu lapis. Namun keindahan istana ini masih sangat mengagumkan.
       Seperti halnya rumah rumah adat di Minangkabau, istana ini beratap ijuk dengan gonjong yang berbentuk tanduk kerbau yang menjulang tinggi mencucuk langit. Dindingnya penuh dengan ukir ukiran kayu yang sangat indah. Ukir ukiran kayu di dinding istana sangat halus dan  lebih dari 200 jenis ukiran yang sarat makna. Umumnya ukiran ukiran itu didominasi oleh warna merah, kuning, hitam dan diselang seling dengan warna coklat tanah, perak dan emas. Indah sekali pastinya.
       Pemandangan disekitar istana juga sangat indah dan berhawa sangat sejuk. Pengunjung di Istana Silinduang Bulan terasa
kurang afdol jika tidak berfoto mengenakan baju adat minang disini. Fasiilitas ini disediakan dan bisa disewa. 
       Istana Silinduang Bulan sekarang lebih terkenal dengan nama Istana Pagaruyung kadang juga Istana Basa. Kalau mau ke sana kontak ke kami yha  bisa lewat WA, email atau telfon langsung.... mareeeee
Share:

0 comments:

Post a Comment

Alih Bahasa

Label