Kunjungan Wisata managed by Mustafa Noer.

Monday, September 17, 2018

LAKE SINGKARAK, WEST SUMATRA

       Keindahan danau terluas di West Sumatra  ini memang nggak perlu diragukan lagi. Luas membiru dikelilingi bukit bukit dan gunung akan memanjakan mata siapa saja yang datang kesana.  Danau Singkarak merupakan danau terluas nomer dua se Sumatera setelah Danau Toba dan merupakan danau terdalam nomer 5 di Indonesia setelah Danau Matano di Sulawesi, Danau Toba di Sumatera Utara, Danau Poso di Sulawesi dan Danau Dibawah di Sumbar. Danau seluas 107,8 km persegi ini juga merupakan hulu Sungai Batang Ombilin yang nantinya akan menyatu dengan Sungai Inderagiri dan bermuara di Selat Malaka.

       Uniknya ... 

       Uniknya, Danau Singkarak juga bermuara di Samodera Indonesia di Pantai Barat Sumatra. Lhaaaahhh? Kok bisa?? Iya emang bisa karena Danau Singkarak merupakan sumber air PLTA untuk menggerakkan turbin sebagai pusat tenaga listrik di Lubuk Alung. Karena itu dibangun terowongan yang menembus gunung dari Singkarak ke Lubuk Alung dan merupakan terowongan air terpanjang di Indonesia  dan nantinya akan bermuara di Samodera Indonesia bersatu dengan Sungai Batang Anai.

       Danau Singkarak terbentuk karena aktifitas sesar Singkarak - Solok yang merupakan salah satu patahan pusat gempa tektonik darat yang ada di Sumatera Barat. Cekungan yang terbentuk kemudian terisi air dan terbendung oleh material vulkanik dari gunung gunung berapi yang ada di sekitarnya seperti Merapi, Talang dan Singgalang pada masa purba dahulu. Danau Singkarak tidak hanya indah bila dinikmati dari dekat tetapi juga sangat indah jika dilihat dari ketinggian bukit bukit di sekitarnya. Misalnya dilihat dari bukit yang ada di Puncak Guguak Pariangan Tanah Datar, Puncak Cambai di Alahan Panjang, Puncak Gagoan di Solok dan masih banyak lagi. 
       Danau Singkarak juga menjadi tempat hidup dan berkembang biak segala macam ikan. Ditemukan 19 spesies ikan di danau ini misalnya bilih, nila, mujair, sepat, rinuak dll. 

       Menurut legenda turun temurun ....

       Menurut legenda, atau ceritera turun temurun yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, ada terowongan bawah tanah  yang menghubungkan Danau Singkarak dan Danau Maninjau sehingga kadang ditemukan jenis ikan Maninjau di Singkarak dan sebaliknya. Menurut legenda juga diceriterakan bahwa Singkarak merupakan pusat kerajaan
mahluk halus yang akan selalu minta kurban manusia pada hari raya lebaran yang jatuh pada hari Jumat .... Naaaaahhhh loe. Makanya ceritera penduduk terutama orang orang tua akan melarang anak anaknya main ke Danau Singkarak pada lebaran yang jatuh pada hari Jumat.... 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Alih Bahasa

Label