Kunjungan Wisata managed by Mustafa Noer.

Monday, September 17, 2018

MINANGKABAU CARAMELIZED BEEF CURRY : THE SIGNATURE DISH FROM WEST SUMATRA

       Di Asia Tenggara memang banyak kita jumpai rendang, terutama rendang daging. Tetapiiiii ... rendang daging di West Sumatra memang berbeda dengan ditempat lain. Berbeda cara memasaknya, bumbunya lebih nendang dan rasanya lebih legit. Apalagi jika dibandingkan dengan rendang Malaysia, Singapore dan Brunai. Beda banget rasanya.

       Rendang tradisional di Sumatra Barat dimasak dengan suhu rendah. Sekitar 50 derajat celcius. Ini menurut penelitian lhoh untuk rendang tradisional. Jadi sangat sehat meski berminyak karena pada suhu rendah tidak mengalami oksidasi ... Naaaahhhh loe. Jadi jangan takut dengan pameo yang mengatakan rendang tidak sehat.  Apalagi  carbonnya khan rantai sedang yha jadi sangat aman. Karena di masak dengan suhu rendah selama 4-5 jam makanya santannya mengalami karamelisasi dan bumbunya sangat meresap ke dalam daging yang sangat legit. Bumbu bumbunya seperti kunyit, jahe, lengkuas, bawang putih dll nya khan juga berfungsi sebagai pengawet alami disamping memperlezat rasa dan aroma.  Untuk memasak rendang daging, kalau di darat dibutuhkan sekitar 4-5 kelapa yang diambil hanya santan kentalnya saja. Terbayang nggak legitnya rendang asli padang. Meski kini banyak dijumpai berbagai varian rendang seperti rendang ayam, ikan, lokan malah rendang daun singkong dan daun pakis namun rendang daging tetap mempunyai kedudukan yang istimewa.

       Sudah dua kali Rendang Padang dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia bedasarkan survey dari CNN. Jadi jangan ragu makan dengan lauk tradisional yang lezat dan bergizi ini... Rendang Padang lhooohhh ...
Share:

0 comments:

Post a Comment

Alih Bahasa

Label