Kunjungan Wisata managed by Mustafa Noer.

Friday, September 7, 2018

THE UPSIDE-DOWN COFFEE AT KAMSUK PADANG

        Berbagai macam cara dilakukan untuk menikmati kopi. Ada yang suka kopi instan, ada yang suka kopi tubruk, ada yang suka kopi hitam saja, ada yang suka dicampur susu, ada yang suka panas namun ada juga yang suka dingin.  Kali ini mesti dicoba nih minum kopi yang tidak biasa .... Kopi Jungkir Balik. Lhaaaahhhh jungkir balik bagaimana pula? Minum kopi sambil jungkir balik berguling guling yha?

       Nggak  begitulah maksudnya .....

       Maksudnya disini, kopi panas jenis kopi tubruk disajikannya dengan cara terbalik gelasnya. Jadi, yang biasanya  gelasnya menghadap keatas,  kali ini gelas penuh kopi panas tapi menghadap ke bawah diatas alas piring kecil. Unik khan? Lha terus cara minumnya bagaimana? Naaaahhh loe ... cara minumnya dengan menggunakan sedotan atau pipet. Bisa juga langsung diangkat ke atas piringnya dan kopinya  diseruput dari pinggir piring kecil  tempat alas gelas hehehehe. Kopinya hangat nggak panas meski baru diseduh ... Sueeeerrr!

       Kopi jungkir balik ini sejatinya berasal dari Aceh, terutama daerah pantai barat kayak Meulaboh dan sekitarnya dan biasa
dinamakan KUPI KHOP. Sejarahnya, dahulu para nelayan sebelum memancing ikan di laut memesan kopi dahulu di warung kopi. Namun, baru seteguk diminum udah ditinggal pergi kelaut. Beberapa jam kemudian mereka membali ke darat dan melanjutkan minum kopinya. Maka, supaya kopi tetap bersih nggak kena debu maka gelasnya dibalik. Awalnya, minum kopi cara begini hanya ada di Desa Ujung Kareung di Aceh Barat dan sudah ada sejak jaman Belanda  dulu. Pas Perang Aceh jaman Pahlawan Tengku Umar minum kopi cara begini tambah populer.

       Namun kini untuk minum kopi dengan cara begini nggak perlu jauh jauh datang ke Aceh sana karena di Padang juga ada. Ah yang bener? Dimana tuh tempatnya.... Ini nih alamatnya ... KAMSUK COFFEE JUNGKIR, JLN. PERINTIS KEMERDEKAAN 156 PADANG ..... Ngopi kuy......
Share:

0 comments:

Post a Comment

Alih Bahasa

Label